Senin, 24 Oktober 2016

TEKNIK-TEKNIK FOTOGRAFI DASAR


Teknik-teknik Fotografi Dasar
Buat kamu yang pemula atau baru saja memiliki kamera DSLR, ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai untuk bisa beradaptasi dengan kamera. Dinamakan teknik dasar karena teknik ini menjadi pondasi dari semua teknik memotret di tingkat berikutnya.

Ada beberapa teknik dasar yang harus diketahui fotografer pemula. Di bawah ini IDS bagikan beberapa teknik yang paling mendasar, sebelum mengenal kameramu lebih lanjut.

A. Teknik Memegang Kamera
Pada dasarnya teknik ini digunakan untuk mengurangi getaran saat memotret. Alasannya sederhana, jika kamera tidak stabil ketika mengambil gambar, hasilnya sudah pasti tidak akan maksimal. Cara agar kamu bisa kokoh memegang kamera bisa mengikuti saran di bawah ini.
1. Tangan kanan
Gunakan tangan kanan untuk memegang bagian kanan kamera. Telunjuk di posisi shutter, ibu jari di bagian belakang kamera. Sedangkan tiga jari lainnya menggenggam erat bagian kamera di bagian depan.

2. Tangan kiri
Posisi tangan kiri tergantung kepada kamera yang kamu gunakan. Tetapi pada umumnya tangan kiri digunakan untuk menopang berat kamera, atau juga menopang lensa jika menggunakan lensa panjang.

3. Posisi badan
Agar lebih stabil saat memotret, kamu bisa bersandar ke obyek solid atau bisa dengan berlutut. Jika dalam posisi berdiri dan tidak menemukan sandaran, kamu bisa melebarkan kedua kaki untuk memperkuat kuda-kuda.


B. Teknik Menekan Shutter
Menekan shutter terkadang tidak semudah seperti yang terlihat, terutama ketika menggunakan mode continuous shooting. Untuk bisa lebih mengontrol, jangan memakai ujung telunjuk untuk menekan shutter. Gunakan bagian datar di telunjuk lalu tekan perlahan untuk menemukan fokus sebelum menekan penuh untuk mengambil gambar.
Satu tips lagi yang juga membantu adalah ambil nafas terlebih dahulu sebelum menekan shutter. Cara ini membantu mengantisipasi getaran yang timbul karena kita mengambil nafas saat menekan shutter.

C. Teknik menentukan fokus
Kamera terkadang menghasilkan foto dengan fokus yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Coba beberapa tips di bawah ini untuk menemukan foto dengan fokus objek sesuai keinginan kamu.
  1. Tentukan objek.
  2. Letakkan objek yang akan dibuat fokus di tengah-tengah frame kamera (biasanya fokus diarahkan pada wajah).
  3. Dengan objek yang ingin dibuat fokus berada di tengah frame, tekan tombol shutter hingga setengahnya hingga muncul tanda fokus di viewfinder/live lcd. Dengan cara ini, kamera akan fokus pada titik itu.
  4. Jangan lepaskan tombol shutter yang setengah ditekan, atur lagi frame yang kamu inginkan kemudian tekan shutter hingga penuh.

Tidak ada cara yang lebih ampuh untuk menguasai kameramu selain banyak berlatih. Pahami tekniknya, nikmati saat berlatih menggunakan kameramu, karena tidak ada guru yang lebih baik selain pengalaman. Nantikan teknik dasar lainnya.

Photo Credit : Photo Extremist via Compfight cc
Source :1 2

0 komentar:

Posting Komentar